Home / Featured / Musuh Tak Kasat Mata

Musuh Tak Kasat Mata

Ialah CoronaVirus Disease (COVID-19), yang telah menjadi momok di tengah masyarakat. Di seluruh dunia, jumlah pasien positif telah menembus angka lebih dari tiga juta orang, dengan jumlah pasien sembuh sekitar satu juta orang, dan pasien meninggal di angka lebih dari dua ratus ribu jiwa. Di Indonesia sendiri, jumlah pasien positif mencapai lebih dari sembilan ribu orang, dengan jumlah pasien sembuh sekitar 1300 orang, dan lebih dari tujuh ratus orang meninggal dunia.  Akibatnya, pemerintah pun memutuskan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menghentikan penularan penyakit yang disebabkan oleh virus bernama Severe Acute Respiratory Syndrome CoronaVirus 2 (SARS-CoV-2) ini, meski kemudian berdampak pada terhentinya berbagai aktivitas masyarakat termasuk perekonomian. 

Di saat yang sama, pemerintah melalui sejumlah badan juga melakukan penanggulangan berupa penyemprotan disinfektan, himbauan untuk mengenakan masker dan menjaga jarak (physical distancing), serta pelaksanaan tes masal.

Sebagai masyarakat, sudah semestinya kita mematuhi himbauan ini, lalu turut menjaga kebersihan dan kesehatan. Tidak hanya demi diri sendiri, sesama, tapi juga untuk mengapresiasi mereka yang senantiasa bertugas dalam menanggulangi wabah ini, supaya hari esok masih bisa kita songsong bersama. 

 

Karya : Fransiskus Simbolon

Fransiskus Simbolon merupakan jurnalis foto yang kini bekerja di harian Kontan. Ia adalah lulusan dari Fisipol Universitas Kristen Indonesia dan mempelajari fotografi di Lembaga Pendidikan jurnalistik Antara pada tahun 2003.

About 1000kata

1000kata adalah portal yang dikelola oleh 10 fotografer Indonesia, sebagai media alternatif untuk menampilkan karya, cerita, ide, opini, gagasan serta yang lainnya berkaitan dengan dunia fotografi. Mari berbagi.

Check Also

Menuju Keheningan Milford Sound, New Zealand

Di kawasan yang masih merupakan bagian dari jalur pegunungan Southern Alps (Alpen Selatan) memiliki dua fiord yang terkenal yakni Milford Sound dan Doubtful Sound. Milford Sound terletak di bagian utara, sedangkan Doubtful Sound terletak dibagian selatan. Piopiotahi, sebutan orang Maori untuk Milford Sound memiliki teluk lebih pendek namun relatif lebih mudah aksesnya dibanding Doubtful Sound.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.