Home / #1000KataTerpilih / galeri #1000kataterpilih

galeri #1000kataterpilih

Oleh : Mast Irham

1000kata seperti biasa memilih karya fotografi terbaik dari tagar #1000kata di instagram dan selanjutnya akan menampilkan karya-karya tersebut dalam artikel tetap di website www.1000kata.com. Hal ini kita lakukan sebagai bentuk apresiasi bagi para fotografer yang telah membagikan karya-karyanya dengan tagar #1000kata. Semoga  Galeri #1000kataterpilih ini dapat semakin meramaikan tagar #1000kata dan bersama-sama kita bisa bersukacita merayakan fotografi .

Galeri kita kali ini banyak mengexplore sinar dan bayangan sebagai unsur utama foto. Bahkan enam foto di antaranya menampilkan siluet, sebuah teknik fotografi yang selalu menarik secara visual. Siluet memang menghilangkan banyak detail dalam foto, tapi menurut saya siluet adalah cara bertutur yang unik. Ada unsur misteri di sana, memberikan ruang bagi penikmat foto untuk menerka-nerka, berimajinasi apa sebenarnya yang sedang diceritakan oleh sang fotografer. Siluet juga memberikan unsur ‘fun’ dalam sebuah foto. Seorang fotografer harus bisa menemukan waktu, posisi dan arah cahaya yang pas untuk mendapatkan visual yang tepat.

Coba tengok foto karya @this.is.christ dalam fotonya yang berjudul ‘Going Up’, menampilkan seorang anak yang berlari menaiki anak tangga di area Monumen Nasional (monas). Hanya sedikit detail yang ditunjukkan dalam foto tersebut, sebagian besar diisi dengan bidang gelap. Pasti cukup lama ia menunggu untuk mendapatkan momen dan komposisi terbaik sebelum memencet tombol shutter kameranya. Dengan pengaturan exposure yang tepat, ‘Going Up’ tampil ciamik, menggambarkan lorong cahaya ke atas dengan gesture dinamis sang anak yang sedang berlari.

@thaibchaidar membuktikan fotografi bukan sekedar melukis dengan cahaya, melainkan sebuah proses berpikir, menunggu, melihat dan mengamati baru kemudian menggunakan cahaya untuk membekukan komposisi terbaik menjadi sebuah ‘lukisan’. Lagi-lagi dengan memanfaatkan ruang gelap dan cahaya belakang yang menghasilkan siluet yang cantik. Atau kita longok siluet pesawat terbang yang diambil oleh @edsarafat lewat kaca sepion sepeda motornya. Momen dan pencahayaan yang pas, menghasilkan foto yang berbeda dengan judul ‘Pesawat Smartphone‘.

Fotografi memang menggairahkan, ada banyak cara untuk memanjakan mata para penikmatnya. Hasil foto yang keren tentu saja dipengaruhi oleh banyak faktor, baik secara teknis fotografi dan atau yang non teknis. Tapi seperti anak kecil di hadapan tumpukan lego blocks, menuangkan ide dengan bermain sinar, bayangan dan komposisi demi mendapatkan hasil yang terbaik adalah tantangan yang mengasyikkan bagi seorang fotografer.

Pesawat ‘Smartphone’ Muhamad Edwin Arafat @edsarafat Saat itu saya berkunjung ke rumah kerabat yang kebetulan rumahnya berlokasi di daerah perlintasan pesawat mendarat, sebelum berkunjung saya menyempatkan untuk membeli makanan ringan kaki lima, sambil menunggu makanan disiapkan tiba-tiba ada pesawat yang akan landing, ya sudahlah memang dasar keberuntungan sedang berpihak langsung saja dijepret, sampai pada akhirnya terciptalah foto ini.

Going Up – Christianto Kumoro @this.is.christ Foto ini saya ambil di dalam museum monas, karena genre foto yang saya sukai adalah minimalist art street maka hal pertama yang saya cari adalah spot dengan komposisi yang baik…kemudian saya akan berdiam beberapa saat di sana dengan kamera yang telah siap. Siapapun orang yang lewat tangga itu akan saya potret. Dan yang saya pilih adalah potret anak yang sedang berlari ini, krn menurut saya gesture manusia difoto ini adalah yang terbaik.

Hiburan Milenial Jaman Now – Thaib Chaidar @thaibchaidar Saya mengambil foto ini pada sebuah wahana permainan yang ada di kota Makassar pada malam hari tanggal 24 Januari 2020, wahana ini cukup banyak dikunjungi warga kota dari berbagai kalangan, apakah itu keluarga, atau kelompok anak muda, dengan hanya membayar Rp. 20.000 /orang, pengunjung bisa menikmati berbagai macam permainan yang dibuat menarik dengan hiasan lampu warna-warni.

2020 – Miftahulhayat @miduntramp Perayaan taun baru yang disambut dengan hujan terus menerus sejak tanggal 31 Desember 2019 sampi 1 Januari 2020 di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.

Awal Tahun Mepe Kalender – Bima bayu aji @alvaro_bauaji Keunikan salah satu pedagang di Pasar Wage, Pedan, Klaten yang sedang mepe kalender 2020 (mepe itu istilah Bahasa Jawa yang artinya menjemur pakaian, tapi kali ini yang digantung adalah kalender) terus dihiasi siluet pedagang dan pengunjung pasar.

AnthonyGinting – Eusebio chrysnamurti @eusebiobojoy Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting berusaha mengembalikan kok ke arah pebulu tangkis tunggal putra China Huang Yu Xiang dalam pertandingan babak perempat final Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (17/1/2020). Ginting berhasil melangkah ke babak semifinal usal mengalahkan Huang Yu Xiang dengan skor 21-11 dan 21-14. Mencoba mencari foto yang berbeda saat memotret bulutangkis.

Alun-alun Kota Depok – Bimo wibowo @F25color Alun alun memang selalu menjadi tempat bermain dan berkumpul yang mengasyikan.. Foto ini saya ambil pada saat peresmian alun-alun Kota Depok yang direamikan oleh Walikota Depok. Masyarakat Depok sangat antusias mereka sangat menikmati semua prasarana yang ada di alun alun ini diantaranya ada tempat untuk bermain skateboard dan sepeda BMX dimana anak anak muda bisa menyalurkan bakatnya… Besar harapan saya semoga tempat ini selalu terjaga dengan baik.

Olah Raga Pagi di CFD Jakarta – Arief Riyadi @ariefmoto Foto ini saya ambil saat Car Free Day (CFD) di Jakarta 12 januari yang lalu, melihat cuaca Jakarta yang cukup cerah saat itu saya bergegas ke daerah Sudirman Thamrin, kebetulan saya berdagang di daerah Glodok jadi tidak terlalu jauh ke lokasi CFD, waktu itu saya menggunakan busway dan turun di Halte Sarinah. Sampai di Halte Sarinah saya tertarik dengan bayangan dari jembatan penyeberangan yang terkena sinar matahari membentuk sekat sekat yang di lewati orang-orang yang sedang berolah raga . Dengan mengunakan hp saya coba mengambil beberapa foto aktifitas warga yang sedang beraktifitas di bawah bayangan jembatan penyeberangan Sarinah , Sekitar 15 menitan saya berada di sana sambil menunggu kondisi orang yang lalu lalang agak sepi agar bayangannya tidak saling menumpuk, akhirnya saya mendapatkan foto ini saat orang bersepeda yang lewat dan masuk di sekat-sekat bayangan jembatan.

Pelukis Batik Gunungan – Hary Purwanto @dhe_hary Foto ini diambil saat event Festival Gunungan Prambanan. Di sana ada beberapa stand pameran. Dari stand yang ada, stand batik gunungan ini cukup menarik perhatian saya. Saat pembatik berkarya di atas kain putih terlihat siluet gestur tangan yang meratakan kain dan tangan satunya membatik dengan canting. Selain itu di frame juga ada beberapa orang dengan pakaian khas seniman sedang mengobrol yang menambah cerita dalam frame. Hal itulah yang membuat saya tertarik untuk merekamnya.

Balap merpati – Joni Parwanto @jonz.dera Foto ini dicapture di sekitaran pemakaman Kasablanka kuningan. Hampir setiap sore para joki balap merpati ini berlatih bersama di area tersebut. Di dalam foto ini adalah salah satu joki dan merpati balapnya, seakan mereka sedang berbicara satu sama lain, untuk saling menyemangati.

 

About Mast Irham

Avatar
Mast Irham has been doing photography since he was a student at Communication Study at Sebelas Maret University in Solo, Central Java. Before he finished his undergraduate study, he had joined Antara news agency as a contributing photographer. After graduation, he worked for Media Indonesia newspaper until 2004, when he was chosen as one of the participants of photojournalism workshop organized by World Press Photo and Asia Europe Foundation in Hanoi, Vietnam. He later joined European Pressphoto Agency (EPA) in August 2004. During the more than 10 years of his career, Irham has been covering politics, economy, disaster, and sport events both in Indonesia and abroad. Among his notable experience were covering earthquake and tsunami in Aceh, and Bali bombing. His foreign assignments include Aung San Suu Kyii release in Myanmar, Australian Open tennis tournament in Melbourne, Australia, and earthquake in Nepal, Brazil's World Cup. Irham is now EPA chief photographer for Indonesia.

Check Also

Nominasi World Press Photo 2020

SEJAK pertama kali digelar tahun 1955 oleh sekelompok fotografer Belanda, penghargaan World Press Photo menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.