Home / Article / Workshop Doc.Now!: Bali tetap Berdenyut

Workshop Doc.Now!: Bali tetap Berdenyut

Kelompok 3 Workshop Fotografi Doc.Now! Kami sebagai mentor mencoba mengajak para peserta untuk bercerita mengenai apa yang mereka lihat dan ingin sampaikan. Peserta di kelompok 3 berjumlah 5 orang dari berbagai latar belakang pekerjaan, mulai dari pekerja Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), fotografer lepas dan PR consultant.

Doc.Now! dan 1000kata kembali menampilkan karya-karya terbaik peserta workshop Doc.Now! yang telah dilaksanakan pada 4-9 Desember 2017 lalu. Karya-karya ini akan ditampilkan berturut-turut dalam beberapa minggu ke depan. Kali ini kita tampilkan karya Aloysius Alloy peserta workshop dari grup 3 workshop Doc.Now!

Aloysius alloy mencoba mengangkat mengenai dampak erupsi Gunung Agung terhadap pariwisata di Bali. Ide ini ia di dapatkan setelah sebelumnya beberapa ide yang ia coba kerjakan di awal workshop ternyata mendapatkan kendala dari sisi akses dan narasumber. Alloy akhirnya mendapatkan ide untuk mengangkat story tentang dampak erupsi Gunung Agung saat ia berkeliling dan eksplorasi lebih lanjut untuk mencari informasi dari ide-ide awal yang ingin ia kerjakan.

Dalam proses untuk membuat suatu photo story, hal-hal seperti ini kerap terjadi. Karenanya, seorang fotografer dituntut untuk selalu kreatif dengan apa yang ia lihat dan yang ada di sekelilingnya. Tentu saja hal ini merupakan nilai lebih dari si fotografer dalam melaksanakan penugasan dilapangan. Dengan background Alloy yang memiliki latar belakang pendidikan fotografi, ia cukup berhasil membuat visualisasi yang menarik sekaligus mampu merekam dampak dari erupsi di Bali yang masih tetap berdenyut.

Oscar Siagian & Made Nagi

Mentor Doc.Now! – Group 3

 

Bali tetap Berdenyut

oleh Aloysius alloy

Pasca erupsi Gunung Agung pada bulan Oktober 2017 lalu, sektor pariwisata di Bali mengalami penurunan dalam hal kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar negri. BPS (Badan Pusat Statistik) mencatat kunjungan wisatawan mancanegara pada Oktober 2017 sebanyak 1,16 juta kunjungan. Angka ini turun 4,56 persen dibanding September 2017. Dampak dari erupsi gunung Agung yang telah terjadi dalam hitungan bulan ini, secara langsung dapat terlihat di beberapa daerah-daerah wisata di Bali. Beberapa pusat keramaian di bali mengalami penurunan jumlah pengunjung hingga 40 persen dari biasanya sebelum terjadi erupsi Gunung Agung.

Hingga saat ini status awas level 4 masih diberlakukan terkait aktivitas gunung Agung. Zona aman pun ditetapkan sebagai antisipasi untuk keselamatan masyarakat lokal dan wisatawan di Pulau Bali. Meski mengalami penurunan kunjungan namun denyut pariwisata Bali ternyata masih tetap ada.

About 1000kata

1000kata adalah portal yang dikelola oleh 10 fotografer Indonesia, sebagai media alternatif untuk menampilkan karya, cerita, ide, opini, gagasan serta yang lainnya berkaitan dengan dunia fotografi. Mari berbagi.

Check Also

Permata Photojournalist Grant (PPG) VII: CERMIN TANAKA

Oleh: Rahmad Azhar Hutomo Sejumlah jarum berukuran 0,2-0,5mm terpasang pada derma pen, alat microneedling elektronik …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.