Home / Photo Stories / Anomali Gili

Anomali Gili

La chasse au bonheur. Mengejar kebahagiaan, kata orang Perancis.

Maka berbondong-bondong lah manusia dari berbagai belahan dunia ke sebuah pulau yang konon menawarkan kebahagiaan dari pesona pasir putih, Gili Trawangan.

Gili Trawangan yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, adalah sebuah destinasi hiburan. Manusia membutuhkan hiburan. Siapa yang tidak mau terhibur dengan hidangan alam yang menakjubkan di Gili Trawangan?

Tapi, apakah semua manusia terhibur dengan eksotisme “surga” kecil itu? Atau mereka hanyalah sekelompok mahluk resah yang gelisah terhadap hidup?

Pantai, angin, bir, dan ombak adalah sebuah partikel akrab di Gili. “No Cars”, “No motorbikes”, “No worries” adalah aturannya. Tidak ada polusi dan tanpa masalah.

Namun, di balik euforia kebahagiaan di pulau tenang seluas 360 hektar itu, terdapat sudut-sudut suram dan tempat pelarian yang tidak bisa disembunyikan. Itu menjadi sebuah anomali bagi Gili Trawangan.

Di sudut tersebut, mereka muram, tidak berpesta, dan memilih terpaku sendiri di pinggir pantai atau bersepeda sendirian. Mereka memilih menyatu bersama semesta tanpa pesta di barisan kafe yang cukup menggoda.

Gili Trawangan adalah Surga. Surga adalah misteri. Dan manusia-manusia muram itu sepertinya menganggap misteri hanyalah sebuah dongeng sebelum tidur. (Teks dan foto-foto: Fernando Randy)

Anomali GIli

Anomali GIli

Anomali GIli

Anomali GIli

Anomali GIli

Anomali GIli

Anomali GIli

Anomali GIli

Anomali GIli

Anomali GIli

 

fotoprofilxFernando Randy, menikmati fotografi sejak ayahnya mengajak berkeliling dengan kapal pesiar. Kuliah di Institut Kesenian Jakarta hingga akhirnya meneruskan workshop di Galeri Foto Jurnalistik Antara pada 2011. Tersadar akan betapa pentingnya peran fotografi dalam hidupnya ketika ikut terpilih pada Permata Photo Journalist Grant 2012. “Bagi saya, fotografi adalah hidup saya, tapi Teater adalah Segalanya” .

 

About 1000kata

Avatar
1000kata adalah portal yang dikelola oleh 10 fotografer Indonesia, sebagai media alternatif untuk menampilkan karya, cerita, ide, opini, gagasan serta yang lainnya berkaitan dengan dunia fotografi. Mari berbagi.

Check Also

Pasukan Palang Hitam

Sirene mobil jenazah meraung-raung menembus jalanan Ibu Kota. Mobil tersebut melaju sendiri tanpa diiringi para …

2 comments

  1. Avatar

    Wuiihh… Dalem banget Ndo. Hitam putih bikin dramatis. TOP.

  2. Avatar

    Bro Nando, keren banget foto dan goresan kata bertuturnya. Bahasanya surgawi banget ngebuat ge berada di Gili dengan segenggam Bir di tangan. Salam,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.