Home / Article / Keindahan Fotografi Udara

Keindahan Fotografi Udara

Oleh Didit Majalolo

Bagi saya, fotografi udara adalah keindahan dan sensasi. Saya merasakan sesuatu yang berbeda ketika memotret dari udara. Sebelum memotret, saya harus jeli melihat detail lansekap serta memahami pola dan struktur subyek yg akan difoto. Selain itu, hal terpenting adalah membuat sebuah foto dengan nuansa yang berbeda dari foto-foto pada umumnya.

Untuk menghasilkan foto udara, hal yang perlu diperhatikan adalah mempersiapkan alat dan memahami dengan baik jenis lensa yang akan digunakan. Saya selalu menggunakan kamera DSLR Canon 500D dengan Lensa 17-45 mm. Saya juga tidak lupa juga membawa kamera GoPro, sebuah kamera video mini portabel yang bisa dipasang di badan kita. Saat memotret udara, saya menggunakan paramotor, alat terbang yang paling saya suka, karena saya dapat melakukan eksplorasi sesuai dengan apa yg saya inginkan.

Sebelum memotret udara dengan paramotor, kita perlu melakukan riset dan pemahaman yang sangat baik terhadap lokasi yang akan difoto. Penerbangan dengan paramotor mempunyai keterbatasan dan sangat berbeda dengan penerbangan menggunakan jenis pesawat terbang atau helikopter.

 

Salah satu kesulitan yang pernah saya hadapi adalah memotret puncak Gunung Bromo, Jawa Timur, karena saya harus lepas landas diketinggian yang sangat signifikan. Pada kondisi tersebut, saya harus melakukan persiapan mesin dengan baik dan analisa cuaca yg sangat baik agar dapat menentukan waktu terbang. Lepas landas dari ketinggian membutuhkan kekuatan mesin yang lebih dbanding saat lepas landas dari dataran rendah.

 

 

Saya bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena saya dilahirkan di negeri yang indah ini. Saya dapat menikmati cantiknya alam Indonesia dari udara. Menikmati indahnya dunia dari sudut yang berbeda merupakan sesuatu yang luar biasa.

 

 

DiditMajalolo (31 Tahun) bekerja sebagai wirausahawan dan fotojurnalis freelance.
Pendidikan terakhir di Photojournalism Diploma ACFJ-Ateneo De Manila University of Philippine.

 

 

 

 

About 1000kata

1000kata adalah portal yang dikelola oleh 10 fotografer Indonesia, sebagai media alternatif untuk menampilkan karya, cerita, ide, opini, gagasan serta yang lainnya berkaitan dengan dunia fotografi. Mari berbagi.

Check Also

Workshop Doc.now!: Beyond Identity

Doc.Now! dan 1000kata dengan gembira menampilkan karya-karya terbaik peserta workshop Doc.Now! yang telah dilaksanakan pada …

4 comments

  1. Klo dari udara, semua seperti miniatur….Sukses Om Lolo…Trims sudah berbagi…

  2. anjriiit…teksturnya itu yummi banget…via laptop aja gw bs merasakan gmn foto udara jika disajikan dg tepat, keindahan tekstur dr subyek yg di foto begitu terasa…terimakasih utk teman2 di seribukata yg sdh mau berbagi

  3. amazingg…Sesuatu bgt!! melihat keindahan dr langit 😀

  4. nice article

Leave a Reply