Home / Featured / Memanusiakan Yang Terbuang

Memanusiakan Yang Terbuang

Nyanyian tanpa kejelasan, teriakan, dan tangisan memenuhi ruang berjeruji besi yang sudah karatan siang itu. “Silahkan masuk mas”, tegur Haryono, salah seorang terapis di Yayasan Rehabilitasi Cacat Mental Galuh, Bekasi, Jawa Barat. Bau tak sedap tajam menyengat. Makan, minum dan MCK bercampur di ruangan tanpa jendela tersebut.


“Mas minta uangnya, buat beli rokok dan pulang” suara parau dari seorang lelaki muda. “Mas minta kertas” suara lelaki paruh baya tanpa baju selanjutnya. Segera tulisan dengan bahasa Inggris tercoret. Semuanya tanpa kejelasan, tapi niat berkomunikasi dari penyandang cacat mental terhadap orang yang berkunjung ke panti itu sebenarnya ada.


Perkenalan berikutnya dengan Baba Gendu, usianya sudah lebih dari 90 tahun. Di usia tuanya, Gendu Mulyatip yang bernama asli Baba Gendu masih menangani dan mengobati ratusan pasien cacat mental, gangguan jiwa dan kecanduan narkotika yang ditampung di pantinya di Bekasi Timur. Baba Gendu menerapkan lima cara pengobatan, yaitu doa, pitua atau nasihat, ramuan, urut, dan pijat. Kesabaran, jujur, rendah hati, dan bijaksana lambat laun berhasil mengobati pasien menjadi manusia normal yang lebih bermartabat. (Agus Susanto)


Dowload Here





Agus Susanto mulai aktif memotret sejak kuliah di FISIPOL, Universitas Sebelas Maret, Solo. Bergabung dengan harian KOMPAS sebagai pewarta foto sejak April 2000. Sejumlah penghargaan pernah ia raih antara lain : ‘Honorable Mentions Great Annual Photo Contest 1999′ Majalah Popular Photography AS (edisi Januari 1999) kategori foto jurnalistik, ‘Wartawan Muda Berbakat’ dari majalah PANTAU (1 Maret 2002), Juara 1 Fotojurnalistik Terbaik Pilihan Majalah Tempo kategori Seni dan Budaya (2008), dan Juara 1 Anugerah Pewarta Foto Indonesia kategori foto Olahraga (2009).

About 1000kata

Avatar
1000kata adalah portal yang dikelola oleh 10 fotografer Indonesia, sebagai media alternatif untuk menampilkan karya, cerita, ide, opini, gagasan serta yang lainnya berkaitan dengan dunia fotografi. Mari berbagi.

Check Also

RED ZONE

Oleh: Adi Maulana Ibrahim Sepekan sudah saya hanya berdiam diri di kamar, tidak melakukan apa-apa. …

16 comments

  1. Avatar

    Mas Agus One of The Best setelah Bang Julian Sihombing seniornya di Kompas

  2. Avatar

    Aduh, kalo ini sih fotografernya juara. konsisten dahsyat

  3. Avatar

    Foto kiri atas sangat menggetarkan hati saya.. Luar biasa.

  4. Avatar
    donny a leonardi

    raga saya rubuh serubuh-rubuhnya.. gubrak!!

  5. Avatar
    Rahmad Suryadi

    Top lah untuk Mas Agus…..foto2nya mantab

  6. Avatar

    penuh dngn rasa…

  7. Avatar

    saya banyak belajar dari foto mas agus

  8. Avatar

    terus berkarya !

  9. Avatar

    jurnalist yang sebenarnya….
    lima jempol mas….

  10. Avatar

    sukses untuk kreatifitasnya mas Agus Susanto

  11. Avatar

    smart pictures 🙂

  12. Avatar

    manteb abis

  13. Avatar

    Menggetarkan !!

  14. Avatar

    Fotonya berbahaya 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.